Kamis, 04 Oktober 2012

Rahasia Mesin Kasir Di Dalam Dunia Bisnis

Mesin Kasir adalah alat elektronik yang memiliki beberapa fungsi dan manfaat. selain untuk retail, Mesin Kasir bisa di gunakan pada bidang industri , koperasi perdagangan, Apotek, restoran, toko kelontong, rental penyewaan barang maupun warung kopi pun bisa di jadikan salah satu master modernisasi dagang yang menggunakan mesin kasir. Untuk lebih detil manfaatnya mari kita lihat lebih dalam disini. Mesin Kasir yang biasa di sebut dengan cash register adalah mesin elektronik maupun peralatan mekanik untuk menghitung dan mencatat transaksi penjualan yang terintegrasi secara modul dengan laci (cash drawer) untuk menyimpan sejumlah mata uang berupa kertas maupun koin. Mesin Kasir umumnya juga mengeluarkan hasil cetak (print) dari struk penjualan (receipt) untuk pelanggan. setelah struk keluar laci (cash drawer) akan terbuka secara otomatis setelah ada penjualan atau transaksi.



Mesin Kasir ada yang di lengkapi dengan sandi/password agar bertujuan untuk mengurangi resiko dari kehilangan dan kecurian tangan jahil. dan hanya bisa di buka oleh pengawas atau pemilik mesin kasir tersebut. Adapun beberapa fungsi dan manfaat mesin kasir (Cash Register) dapat digunakan untuk mencatat komponen pajak dalam penjualan, record data hasil laporan akhir, laporan laba rugi yang stabil.

Optimalisasi pengolahan data dan cepat dalam pemrosesan transaksi. hemat waktu dan relevan dalam bertransaksi. Untuk saat ini beberapa mesin kasir elektronik (Electronic Cash Register) bisa di sambungkan dengan perangkat bantu lainnya seperti timbangan digital, barcode scanner, pembaca kartu kredit atau kartu debit dan perkembangannya saat ini mengarah pada penggunaan mesin kasir yang berbasiskan komputer (PC Based Cash Register/ Point Of Sale POS) Keuntungan pemakaian Mesin Kasir (Cash Register) hanyalah karena bentuknya yang compact, selain dari sisi ekonomis harga juga terjangkau.

Namun Cash Register ini hanya berfungsi seperti layaknya menghitung uang dan mencatat data laporan hasil transaksi penjualan. Mesin Kasir yang berbasiskan komputer biasanya juga di lengkapi dengan software / piranti lunak baik yang berbasiskan sistem operasi DOS, Windows, Linux maupun Unix dimana data tersimpan dalam database baik pada mesin kasir maupun di server induknya. beserta keunggulan lainnya. dibandingkan dengan software penjualan biasa adalah di sistem keamanannya karena selain dari sistem perangkatnya pun di lengkapi dengan kunci pengaman.

0 komentar:

Posting Komentar